Si Kambing Punya Simbah

Sesaat setelah anak kambing simbah lahir, segera diangkat dan disisihkan dari induknya, hal ini bertujuan untuk menghindari cempe terinjak atau tertindih oleh induk sendiri, karena induk yang melahirkan kadang suka berjalan, anak kambing atau cempe yang baru lahir kondisinya sangat rawan dan lemah. Setelah anak kambing lahir simbah membersihkan dengan kain kering atau handuk, terutama pada bagian muka/hidung, karena anak kambing yang baru saja keluar biasanya hidungnya terganggu/tertutup oleh lendir, yang bisa menganggu atau mempersulit anak kambing untuk bernafas. Waktu normal yang dibutuhkan untuk berdiri cempe biasanya tidak lebih dari 2 jam. Anak kambing bisanya memiliki waktu normal sekitar 2 jam untuk bisa berdiri sendiri.

Layaknya mamalia, semua pasti menyusu induknya. Semua kebutuhan makanan ada pada susu yang diberi oleh induk ke anaknya.  Biasanya cempe pada awal-awal menyusui akan merasa kesulitan dalam mencari putting susu induk, hal ini mengharuskan simbah membantu anak kambing tersebut menyusu ke induknya, pada umumnya anak kambing membutuhkan waktu selama 3 hari untuk benar-benar bisa berdiri sendiri dengan tegak dan menyusu pada induknya.

Lah kok waktunya udah bisa jalan dan berlari-lari si anak kambing malah gak mau menyusu induknya. Akhirnya simbah kasih susu dot untuk si anak kambing. Emangnya bayi manusia aja yang boleh ngedot, kambing juga boleh. Nih gambar si kambing lagi ngedot…

Dan jadi sadar kalau ternyata susu itu penting untuk perkembangan anak, apa jadinya kalau waktu kecil kita kurang asupan ASI. ASI yang kita minum diberikan gratis oleh ibu kita, ibu yang melahirkan, membesarkan dan merawat kita. So..berbaktilah kepada ibu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s