Memanfaatkan Ban Bekas Menjadi Meja Hias

Kemarin waktu ke rumah teman yang sekitarnya banyak tukang tambal ban + ganti ban, munculah keinginan ini. Membuat meja dari ban bekas….jeng jeng. Meja yang ane buat ini lumayan lah buat hiasan kamar, plus memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang berguna..hehe. Itung itung membantu program GO GREEN. Penampakan jadinya seperti ini,

 

Untuk membuat meja seperti punya ane bahan-bahnnya gag terlalu banyak, cukup memanfaatkan ban bekas, kaca 5mm, lampu –set.

Bahan pertama yang harus diperoleh adalah si Ban Bekas. Waktu mau beli ban bekas ente harus kumpulkan keberanian. Karena tidak sedikit penjual ban bekas mengira pembeli ban bekas menggunakan ban bekas untuk demo aksi bakar ban..haha. So ente harus bener-bener ni belinya, pengalaman ane, ane langsung Tanya harga ban yang disendirikan tempatnya, biasanya itu ban udah gak kepake, dan ane kaget ternyata harga ban bekas itu Cuma Rp.5000, nah lo jelas aja pada bakar ban waktu demo, lha murah gitu (tapi ada juga yang jualnya sekitar 10rb-30rb).

Bahan kedua yaitu kaca setebal 5mm, bisa yang bening ato hitam transparant tergantung selera. Jangan lupa sekalian minta dibentuk lingkaran sesuai ukuran diameter dalam ban. Ane beli yang warna hitam transparent diameter 17” harganya Rp.17.000

Bahan ketiga yaitu set lampu hias, yang ini juga terserah teman-teman mau kasih lampu apa. Kalo punyaku pake lampu bolam yang berubah warna. Beli juga kabel 2m lebih, fitting, jack, dll.

Nah mungkin Cuma tiga bahan itu aja yang penting, selebihnya kreasi teman-teman. Untuk caranya seperti ini,

  • Bersihkan ban, cuci sampai bersih lalu keringkan sampai kering, setelah itu semir pake semir ban  biar kinclong.
  • Ukur diameter dalam ban, biasanya ukuran velg. Ukuran ini yang nantinya dijadikan ukuran untuk beli kaca.
  • Lubangi bagian ban untuk masuk kabel.

  • Pasang lampu sesuai gambar. Plus kasih hiasan.

  • Tutup lubang ban dengan kaca yang tadi sudah dibeli sesuai ukuran.

  • Jadi dah.

Yap ini cuma hasil kreasi yang biasa sih, saya yakin teman-teman bisa lebih berkreasi…hehe. Semoga bisa menjadi inspirasi teman-teman untuk bisa memanfaatkan barang bekas disekitar kita.

GO GREEN and SAVE OUR EARTH.

Iklan

4 thoughts on “Memanfaatkan Ban Bekas Menjadi Meja Hias

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s