Membuat PDF Menggunakan Ms Word 2007

File PDF saat ini banyak sekali digunakan untuk membuat e-book, tutorial, dan bahkan untuk mengumpulkan skripsi versi digital. File PDF banyak digunakan karena lebih aman dari serangan virus dibanding file *.doc atau *.xls yang sering diserang virus. Wah penting juga ya jenis file ini??. Tetapi malah kadang kita tidak tau bagaimana cara membuat file ini.

Sebenarnya mudah sekali membuat file PDF, bagi teman-teman pengguna Microsoft Office 2007 telah ada add-ins khusus buat penggunanya agar dapat dengan mudah menyimpan file pekerjaannya baik dari Microsoft Word atupun  Microsoft Excel menjadi File PDF, jadi kita tidak perlu memakai converter lain untuk merubahnya ke bentuk PDF.

Add-ins ini bernama SaveAsPDF&XPS, ukuran file-nya kecil dan  dapat didownload secara gratis dari website Microsoft : Link Download.

Cara mengisntallnya sebagai berikut :

1. Run file hasil download dari microsoft. Kemudian muncul dialog seperti ini, pilih opsi click here to accept….., dan klik continue. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

2. Buka Microsoft Office Word 2007 (atau restart Ms Office Word kalau waktu penginstallan tadi Ms Office Word masih digunakan), kemudian buka file yang akan di convert ke PDF. Convert atau simpan kedalam pdf atau xps dengan cara klik office button – save as – pdf or xps.

3. Pilih direktory dimana anda akan menyimpan file pdf anda, stelah itu klik tombol publish.

4. Buka file pdf anda dengan Adobe Reader ataupun Foxit Reader

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Iklan

7 thoughts on “Membuat PDF Menggunakan Ms Word 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s